Connect using a dial up modem “disabled”

Yesterday i couldn’t using my modem “haier c700” on notebook.
I tried to re-setup dial up connection but option “Connect using dial up modem” disabled.

dial up connection disabled

Finally i know what the problem. It because “telephony” services on my windows xp disabled.

Just enabled and start it then dial up option setting would be enabled…

Getting Organized at Work

Sembari menunggu attach file yang harus di kirim melalui email. Saat ini saya menyempatkan untuk membaca cepat sebuah ebook yang di beri oleh teman beberapa waktu lalu melalui email.

Judul nya “Getting Organized at Work” – 24 Lessons to Set Goals, Establih Priorities and Manage Your Time yang di tulis oleh Kenneth Zeigler

Cover buku

Buku ini cukup membantu memberikan $pencerahan.

Berikut 24 langkah yang diajarkan di dalamnya :

  1. Take control of your day
  2. Train Others
  3. Get projects done
  4. Think Realistically
  5. Play your work
  6. Don’t procrastinate
  7. Organize your work Continue reading “Getting Organized at Work”

MENAIKKAN JUMLAH MEMORY > 2 GB DI AFTER EFFECT

Kerjaan terakhir yang saat ini sedang “in” saya lakukan adalah membuat motion graphics dengan menggunakan after effect cs3 di notebook Acer Aspire 4530 saya.

Setelah melalui proses instalasi yang sangat sulit menghabiskan banyak waktu dan ujung ujungnya tetap saja tidak berhasil diinstal. Solusi lain saya menggunakan AE v.7 namun karena ada beberapa plugin dari tutorial yang tidak ada di versi ini , Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan portable after effect cs3. (Yang hanya sekali klik langsung jalan….)

Kita semua tahu bahwa After effect membutuhkan memory yang cukup besar untuk mempercepat proses renderingnya. Berhubung saya menggunakan windows XP 32 bit yang nota bene mendeteksi jumlah memori maksimal hanya sebesar 3 GB (sesuai dengan jumlah memory yang terpasang di notebook saya), maka secara default After effect hanya memakai 2GB. Untuk memaksimalkan jumlah memory yang digunakan maka anda harus mengubah konfigurasi windows menjadi seperti petunjuk di bawah ini:

Klik “Run”
Ketik “C:\boot.ini

Pada baris
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect

Tambahkan

/3GB

Sehingga menjadi :

multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect /3GB

Save file tersebut
Restart

Setelah Restart
Buka After Effect
Lalu “Edit> Preferences” dan pilih “Memory & Cache”
Check Prevent DLL Address Space Fragmentation
Setelah melakukan langkah langkah di atas jumlah memory yang di gunakan oleh After Effect saya mencapai 2,7 GB.. Lumayanlah untuk menambah performa….

Selamat mencoba….

The Solution Rapid Design Computiing

Wordpress book

Beberapa hari terakhir ini saya sedang membaca buku yang berjudul “wordpress theme design”. buku ini saya baca karena saya ingin tahu lebih dalam mengenai cara untuk mendesain wordpress theme. Diawal buku ini diberikan step step dalam mendesain sebuah web, dan ternyata cara ini cukup baik untuk diikuti. Penulis buku menyebutnya sebagai : “The Solution Rapid Design Comping” antara lain :
1. Sketch It
Sebelum memulai membangun sesuatu kita harus memiliki gambaran lengkap mengenai desain web yang ingin dibuat
2. Start with the Structure
Buat struktur layout yang dibuat dengan html dan css
3. Add the Text
Tambahkan teks, tentukan dulu beberapa jenis teks yang nantinya akan digunakan didalam web
4. CSS Typography
Tentukan jenis jenis huruf yang akan dipakai di dalam kode css
5. CSS Layout
Setup layout yang sudah dibuat
6. CSS Color Scheme
Pilih warna yang akan digunakan, lalu tentukan didalam kode css
7. Take a Screenshot
Print screen desain layout dasar yang telah dibuat lalu kopikan ke photoshop
8. Photoshop
Disinilah saatnya memulai untuk mendesain lebih lengkap
9. Send for Approval
Ekspor ke jpg, minta persetujuan klien mengenai desain yang dibuat
10.Production
Jika sudah disetujui, saatnya untuk slicing dan mengaplikasikannya sebagai background images di CSS

Download sound effect di soundsnap.com

Pekerjaan baru saya saat ini lebih condong mengarah ke multimedia dan desain grafis. Dunia programming saya letakkan sementara, walaupun beberapa hari yang lalu masih menyempatkan diri untuk mempelajari lagi css. Sound effect memiliki peranan yang cukup penting di dalam pembuatan tayangan video. Anda dapat menjadikan soundsnap.com sebagai resources dalam mencari sound effect dengan kualitas yang baik. Ada berbagai kategori sound effect yang dapat anda download secara gratis. Mudah mudahan dapat menjadi referensi yang berguna bagi anda.

soundsnap.com
soundsnap.com

Sepuluh kesalahan dalam desain database

  1. Poor design/planning
  2. Ignoring normalization
  3. Poor naming standards
  4. Lack of documentation
  5. One table to hold all domain values
  6. Using identity/guid columns as your only key
  7. Not using SQL facilities to protect data integrity
  8. Not using stored procedures to access data
  9. Trying to build generic objects
  10. Lack of testing

Untuk lebih jelasnya baca disini

http://www.simple-talk.com/sql/database-administration/ten-common-database-design-mistakes/

Posisi komponen swing ga mau muncul

Kemaren2x sibuk cari error yang ga dapet2x, akhirnya setelah diteliti akhirnya ketemu deh

Kasusnya seperti ini, sebelumnya saya membuat lib keyboard komponen swing untuk dipakai diaplikasi laen. Waktu mencoba di lib keyboardnya, semua posisi komponen bisa diambil. Namun ketika lib tersebut saya implementasikan di project yang laen, saya tidak bisa mengambil posisi panel dalam frame… Akhirnya saya menemukan solusinya, kesalahan ada pada settingannya

Ini capture picnya (Yang betul yang sebelah kiri)

salah-setting1.gif

Setting Driver MySQL di Netbeans 5.0

Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat suatu aplikasi sederhana untuk menampilkan database dengan java. (belajar buat wawancara kerja nih,hi3x)

Saya menghadapi masalah dalam running file yang saya buat. Kode program sudah ditulis dengan benar, tidak ada error sama sekali, namun ketika di run yang muncul adalah kode error exception yang menunjukan bahwa driver tidak ada.

Padahal sebelumnya dengan mengandalkan ingatan waktu kuliah (sudah lama tidak koding pake java ni :P) pada Runtime saya sudah menambahkan drivernya, connectionnya pun sukses.

Hmm…Setelah sekian lama diotak-atik akhirnya masalah terpecahkan juga.
Ternyata untuk menjalankan sebuah project yang terhubung dengan database,perlu adanya driver yang ditambahkan pada masing2x project.

Jadi koneksi database yang di “Runtime” tidak ada hubungannya sama sekali dengan project yang dibuat.

Pada netbeans, caranya adalah : (saya menggunakan netbeans 5.0, database mysql 4.0.2

Pada Jendela “Projects” (biasanya terletak di kiri atas)
1. Pilih salah satu project, misal “JavaApplication1”
2. Klik kanan lalu pilih “Properties”
3. Pada “Categories”, Klik pada “Libraries”
4. Klik button “Add JAR/Folder”
5. Pilih driver yang akan dimasukan lalu OK
6. Maka pada “Compile-time Libraries” akan muncul nama drive yang ditambahkan tadi

MySQL (Bermasalah) tidak dapat diakses VB 6.0 – 28 Mei 2007 – 07.25

Kemaren malam, sehabis pulang kerja sekitar jam 23.30, gw mulai kembali mengotak-atik aplikasi kerjaan, sampai saat ini gw masih penasaran kenapa koneksi vb6.0 dengan mysql yang gw buat ga bisa terhubung, jadi untuk trial n errornya gw masih pake ms access.
Yang buat gw heran waktu gw jalanin aplikasi lain (contoh dapet dari internet) yang pake RDO data dari mysqlnya mo muncul, tapi waktu gw jalanin beberapa aplikasi yang pake ADODB komputernya malah hang ???? bingung khan????
Kemaren2x gw pikir driver ODBCnya bermasalah, tapi udah gw instal dengan downloadan terbaru, hasilnya masih tetep sama

Akhirnya gw putuskan untuk menguninstal xampp ( karena disini juga ada mysqlnya) dan mysql stand alone yang sebelumnya udah gw instal,lalu gw cuma menginstal xampp dan menaruh dbnya disana….

Tralalala….ternyata aplikasinya mau jalan, hehehe seneng banget khan
Kesimpulan yang saya dapatken (ga tau bener apa salah) adalah aplikasi vb6.0 mungkin bingung harus mengarah kemana kalo ada 2 mysql yang terinstal makanya terus dia milih untuk ngehang aja…hahaha

Starting dot NET

Hari ini saya memulai untuk belajar pemrograman dengan dot NET

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menginstal visual studio 2005 (saya dapet waktu Kerja Prakek di Jakarta Dulu ) di komputer tentunya (o iya hari ini juga komputerku yang keren abis ini kutempeli sticker bertuliskan “gratis”,dilihat-lihat lucu juga seh,wakaka)

Sambil menunggu proses instalasi, saya mencoba membuka-buka ebook-ebook C# (kebetulan dot NET yang akan saya pelajari adalah dengan menggunakan C Sharp/ C#).
Ebook-ebook C Sharp mulai saya buka (extensi filenya .chm (Compile HTML Help File)), anehnya yang muncul adalah page dengan tulisan “The page cannot be display”
Hal ini membuat saya bingung, karena awal saat download, file tersebut bisa dibuka.

Akhirnya saya mencoba untuk memecahkan masalah diatas :
1.Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan mencoba mengkompresi file tsb dengan .zip (yang ini ga ada dasar teorinya,cuma kepengin nyoba2x aja), hasilnya ternyata content file bisa dibuka (aneh kan, soalnya kalo diekstrak ternyata file tersebut contentnya tidak muncul)
Namun dari 5 file yang saya kompres dan berhasil dibuka contentnya ternyata ada 1 file yang walaupun sudah dikompres ternyata contentnya (learning C#.chm) tetap tidak muncul juga, hix3x….

2. Hal selanjutnya yang saya lakukan adalah dengan mengganti nama file yang semula learning C#.chm menjadi learning C Sharp.chm, dan ternyata content nya mau muncul.

3. Yang terakhir folder tempat menampung ebook-ebook C Sharp yang semula saya kasi nama “Visual C# dot NET” saya ubah menjadi “Visual C Sharp dot NET”, dan ternyata walaupun file-file didalamnya tidak saya kompresi contentnya bisa dibuka.

Dari 3 hal yang saya lakukan tersebut, akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa penamaan dengan tanda # menyebabkan link pada file content chm tersebut tidak dapat dikenali, sehingga memunculkan pesan “The PAge Can Not Be Displayed”.
Pemecahan masalahnya bukan dengan kompresi file tapi dengan mengubah nama file serta nama folder tanpa menggunakan tanda yang aneh2x,kayak # (pake yang biasa aja napa seh…,wakaka :P)

” Berani Mencoba adalah Langkah Awal untuk Belajar dan Mengetahui Banyak Hal”
(Kata2x ini terlintas begitu saja dari pikiran -> apa ini yang namanya hikmat ya ^_^)

Semoga Bermanfaat ya ^_^
God Bless U

Rar vs Zip

Setelah melakukan aktivitas pagi saat ini saya berencana untuk mengkompresi ratusan ebook yang saya punya (demi menghemat kapasitas hardisk yang sudah semakin penuh), yang formatnya ada 2 jenis : pdf dan chm.

Saya teringat dulu pernah mendapat file kompresi video (*.avi) dari internet dalam format *.rar dengan ukuran 1,891 Kb, padahal ukuran aslinya ketika diekstrak adalah 111.939 Kb (Winrar 3.41), lalu saya mencoba untuk mengkompresi ukuran aslinya dengan menggunakan Winzip 9.0 ukuran filenya menjadi 16.887 Kb masih kalah jauh dibandingkan kompresi winrar.

Yang ingin saya lakukan sekarang adalah aplikasi kompresi apa yang lebih efisien untuk mengkompresi file pdf dan chm.
Saat ini saya akan melakukan kompresi 17 file pada masing2x format file dengan menggunakan ke-2 aplikasi tersebut (Winrar dan winzip)

Demikianlah hasilnya:
Format File Ukuran asli Winzip Winrar
chm 2,961 KB 2,944 KB 2,951 KB
chm 1,569 KB 1,556 KB 1,559 KB
chm 2,938 KB 2,919 KB 2,925 KB
chm 13,131 KB 13,106 KB 13,132 KB
chm 6,382 KB 6,366 KB 6,381 KB
chm 1,440 KB 1,426 KB 1,430 KB
chm 2,501 KB 2,484 KB 2,490 KB
chm 3,627 KB 3,613 KB 3,622 KB
*.zip < *.rar

pdf 6,157 KB 5,490 KB 2,522 KB
pdf 5,713 KB 3,424 KB 3,272 KB
pdf 8,164 KB 4,942 KB 4,835 KB
pdf 15,739 KB 15,283 KB 15,230 KB
pdf 13,734 KB 13,275 KB 13,325 KB
pdf 9,283 KB 8,743 KB 8,625 KB
pdf 3,976 KB 3,599 KB 3,560 KB
pdf 17,350 KB 16,968 KB 16,933 KB
pdf 9,894 KB 6,672 KB 6,476 KB
*.zip > *.rar

Dari hasil percobaan diatas saya mencoba menyimpulkan (tanpa tahu secara teknis bagaimana teknik kompresi yang ke-2 aplikasi itu gunakan) bahwa :
1. Untuk file *.chm kompresi akan lebih maksimal dengan menggunakan winzip
2. Untuk file *.pdf kompresi akan lebih maksimal dengan menggunakan winrar

NB: Untuk file *.avi lebih maksimal dengan menggunakan winrar

Akhirnya saya putuskan untuk mulai mengkompresi sesuai dengan kesimpulan diatas. (Tapi proses kompresi winrar lebih lama dibandingkan dengan winzip)

Selesai nulis : 08:35 WIB (Sesuai dengan jam dikomputer ^_^ )