H-1 Sebelum Masuk Kantor untuk Pertama Kalinya

Hari pertama (H-1 sebelum kerja) saya baru melakukan pindahan barang2x ke kos yang baru di SOLO
Baru sehari disini jadi belum hafal jalan2x di kota ini.
Uang kosnya kalo dibandingin dengan tempat kos di Salatiga dulu (waktu masih kuliah dulu) jauh lebih mahal.
Tapi gapapalah untuk sementara ini, mengingat dapet kosnya juga mendadak.
Namun fasilitasnya lumayan juga sih, ada cuci, nasi putih dan komputer..
Hehehe
Walaupun kamarnya biasa aja, n ditambah lampu kamar yang redup, kurang bagus untuk melakukan aktifitas.

Acara TV

Hari ini saya melihat “Oprah Winfrey Show” sebuah acara yang memang saya sukai. Tema yang dibicarakan adalah membahas mengenai “The Secret” sebuah cara untuk membuat alam semesta memberikan apa yang kita inginkan.
Ada beberapa hal yang saya tangkap dari pembicaraan yang terjadi di acara tersebut,antara lain :
“Kita harus melepas apa yang kita pegang sekarang, untuk meraih hal yang baru (lebih baik)”
“Untuk memiliki hidup yang lebih baik, kita harus melupakan masa lalu (hal lama/buruk yang tidak bisa lepas)”

Kalo tidak salah ingat sumbernya bisa dilihat di “www.thesecret.tk”

Setelah itu ada sebuah acara lagi yaitu “DW-TV” sebuah tayangan German yang membahas mengenai ilmu pengetahuan dan penelitian terkini.
Ada 3 penelitian yang saya sempat lihat diacara ini, dan memang cukup menarik bagi saya.
1. Penelitian mengenai sepatu
Mereka sampai meneliti cara jalan manusia, perpindahan tekanan pada saat jalan untuk membuat sepatu yang ideal.
2. Penelitian tentang suara sungai dengan hidrophone
Dengan suara sungai bisa dikategorikan rusak ato tidak, serta menentukan keaneka ragaman ekosistem yang ada didalamnya.
3. Penelitian mengenai kaca padang pasir
Terbentuknya kaca padang pasir yang membutuhkan suhu yang sangat tinggi serta membawa mineral yang tidak ada di bumi.

Yang membuat saya terkagum adalah ternyata di luar sana terdapat banyak peneliti yang menghabiskan waktu mereka untuk meneliti hal2x yang menurut saya tidak terlalu penting (sederhana) untuk diteliti sampai sedetail-detailnya.

Have A BIG DREAM

1. Berani untuk bermimpi
Filipi 4 : 8
Pikirkan apa yang baik dan apa yang benar

2. Gambarkan dengan jelas apa yang menjadi mimpimu
Contoh dalam Alkitab :
Musa, Yosua mengutus para pengintai untuk mengamati negeri yang akan diduduki supaya mereka mengetahui dengan jelas negeri seperti apakah itu
Nuh, diberi Tuhan gambaran yang jelas mengenai kapal seperti apakah yang harus dibangun oleh dia
Musa diberi Tuhan gambaran sampai sedetail-detailnya tentang kemah yang harus dibangun

3. Milikilah mimpi yang besar karena kita memiliki Allah yang Besar yang sanggup melakukan segala sesuatu
Seringkali Manusialah yang sering mengecilkan Tuhan

“aku percaya kalo Tuhan akan melakukan segala sesuatu… cuma / tapi kan…” –> Mental manusia kebanyakan

Jangan pernah puas dengan apa yang kamu raih sekarang, cek apakah yang diraih sudah benar-benar maksimal.
Minta dan Bermimpilah untuk meraih yang lebih besar lagi.

Mimpikan, Gambarkan, Doakan, Rencanakan, Lakukan

Milikah mental :
Aku baru akan mati kalo sudah benar-benar dalam posisi puncak.

Keyboard Jadul

Hari ini bangun pagi sekitar jam 06.30
Langsung Nyalain komputer, rencananya sih mo mulai ngerjain skripsi, tapi bangun2x kepala masih terasa pusing
biasa kalo malemnya susah tidur gara2x banyak pikiran bangun2x pasti kumat kayak gitu.
Akhirnya gw putusin untuk nyate dulu….walopun rada2x ga nyaman juga sih
Selesai nyate masuk kamar terus mulai berhadapan dengan monitor, hmm… tapi masih males buat ngerjain skripsi kerjaannya cuma ngotak-ngatik tampilan themesnya windows, setelah gonta-ganti sekian lama ujung2xnya balik lagi ke tampilan semula (tampilan favorit “windows vista aero glass beta2”), cuma buang2 waktu percuma.

Akhirnya siap2x nyalain server apache (mulai niat ngerjain skripsi nih)…lah ternyata waktu masukin nama url: waktu teken ENTER malah keluarnya huruf “M” Backspacenya malah keluar huruf “Y” wadoh….panik2x.., huruf Y malah ga keluar apa2x, huruf “M” malah jadi ENTER, walah…koq malah kebalik-balik gini…
Panik lagi ni, pasti ada virus yang ngerjain kompie (red: komputer) gw, pikiran sudah macem2x buruknya, jadi tambah panik…gw putusin untuk coba buka task manager dan liat service apa aja yang jalan, eh ternyata ga ada yang aneh2x,regedit n msconfig bisa dibuka, liat pake “process explorer” juga ga ada yang aneh… lha terus napa neh….waduh, hixhixhix…
Coba nyalain auto protectnya antivirus terus kopmpie gw restart, masih tetep sama penyakitnya…
Gw coba liat settingan languagenya ya udah bener, keyboardnya baek2x aja….
tik tok tik tok tik tok, otak masih berputar ditambah memikirkan kemungkinan terburuk untuk bawa kompie ke tukang service (“gile aje anak TI ga isa benerin komputer sendiri,gawat nih, malu2in aja, ngapain gw kuliah mahal2x”) … masih tetep berjuang cara terakhir, gw coba copot keyboardnya (kalo di film2 pasti udah dibanting tu keyboard) ambil keyboard baru  bawaan pabrik (warnanya lebih keren item ma silver metalic,ckk,ckk,ckk) dari kardusnya, trus pasang dikompie, lah……..ternyata jalan dengan normal…
Gw masih penasaran koq bisa ya, terus gw liat kardus keyboard error gw eh ternyata keyboardnya udah jadul, supportnya windows
98 ya……………………..

Waktu yang gw abisin udah banyak hanya untuk kejadian diatas, sekarang udah jam 09.42, gw masih belum mulai ngerjain skripsi (ya iyalah, ni aja kan lagi ngetik ocehan…wakaka, walopun balik lagi pake keyboard bawaan pabrik yang warnanya aja yang keren, tapi tombolnya ga enak sama sekali, mpe pegel2x neh jari….hixhixhix, tapi gpp yang penting THE SHOW MUST GO ON!!!!!!!)

(kejadian beberapa hari sebelumnya : Keyboard bawaan  pabrik gw ganti dengan keyboard laen yang tombolnya lebih empuk, n beberapa hari pake itu emang lebih enak neken2x hurufnya dan semua berfungsi dengan normal)

O iya gw baru ingat kalo ada tugas MSJ, 😦

MySQL (Bermasalah) tidak dapat diakses VB 6.0 – 28 Mei 2007 – 07.25

Kemaren malam, sehabis pulang kerja sekitar jam 23.30, gw mulai kembali mengotak-atik aplikasi kerjaan, sampai saat ini gw masih penasaran kenapa koneksi vb6.0 dengan mysql yang gw buat ga bisa terhubung, jadi untuk trial n errornya gw masih pake ms access.
Yang buat gw heran waktu gw jalanin aplikasi lain (contoh dapet dari internet) yang pake RDO data dari mysqlnya mo muncul, tapi waktu gw jalanin beberapa aplikasi yang pake ADODB komputernya malah hang ???? bingung khan????
Kemaren2x gw pikir driver ODBCnya bermasalah, tapi udah gw instal dengan downloadan terbaru, hasilnya masih tetep sama

Akhirnya gw putuskan untuk menguninstal xampp ( karena disini juga ada mysqlnya) dan mysql stand alone yang sebelumnya udah gw instal,lalu gw cuma menginstal xampp dan menaruh dbnya disana….

Tralalala….ternyata aplikasinya mau jalan, hehehe seneng banget khan
Kesimpulan yang saya dapatken (ga tau bener apa salah) adalah aplikasi vb6.0 mungkin bingung harus mengarah kemana kalo ada 2 mysql yang terinstal makanya terus dia milih untuk ngehang aja…hahaha

Starting dot NET

Hari ini saya memulai untuk belajar pemrograman dengan dot NET

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menginstal visual studio 2005 (saya dapet waktu Kerja Prakek di Jakarta Dulu ) di komputer tentunya (o iya hari ini juga komputerku yang keren abis ini kutempeli sticker bertuliskan “gratis”,dilihat-lihat lucu juga seh,wakaka)

Sambil menunggu proses instalasi, saya mencoba membuka-buka ebook-ebook C# (kebetulan dot NET yang akan saya pelajari adalah dengan menggunakan C Sharp/ C#).
Ebook-ebook C Sharp mulai saya buka (extensi filenya .chm (Compile HTML Help File)), anehnya yang muncul adalah page dengan tulisan “The page cannot be display”
Hal ini membuat saya bingung, karena awal saat download, file tersebut bisa dibuka.

Akhirnya saya mencoba untuk memecahkan masalah diatas :
1.Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan mencoba mengkompresi file tsb dengan .zip (yang ini ga ada dasar teorinya,cuma kepengin nyoba2x aja), hasilnya ternyata content file bisa dibuka (aneh kan, soalnya kalo diekstrak ternyata file tersebut contentnya tidak muncul)
Namun dari 5 file yang saya kompres dan berhasil dibuka contentnya ternyata ada 1 file yang walaupun sudah dikompres ternyata contentnya (learning C#.chm) tetap tidak muncul juga, hix3x….

2. Hal selanjutnya yang saya lakukan adalah dengan mengganti nama file yang semula learning C#.chm menjadi learning C Sharp.chm, dan ternyata content nya mau muncul.

3. Yang terakhir folder tempat menampung ebook-ebook C Sharp yang semula saya kasi nama “Visual C# dot NET” saya ubah menjadi “Visual C Sharp dot NET”, dan ternyata walaupun file-file didalamnya tidak saya kompresi contentnya bisa dibuka.

Dari 3 hal yang saya lakukan tersebut, akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa penamaan dengan tanda # menyebabkan link pada file content chm tersebut tidak dapat dikenali, sehingga memunculkan pesan “The PAge Can Not Be Displayed”.
Pemecahan masalahnya bukan dengan kompresi file tapi dengan mengubah nama file serta nama folder tanpa menggunakan tanda yang aneh2x,kayak # (pake yang biasa aja napa seh…,wakaka :P)

” Berani Mencoba adalah Langkah Awal untuk Belajar dan Mengetahui Banyak Hal”
(Kata2x ini terlintas begitu saja dari pikiran -> apa ini yang namanya hikmat ya ^_^)

Semoga Bermanfaat ya ^_^
God Bless U

Berpikir Positif

Kemarin malem saya diantar ko B untuk bertemu dengan ko sapted untuk share berbagai hal.
Saya belajar banyak dari mereka,mereka orang-orang yang selalu berpikir positif, takut akan TUhan dan memotivasi orang untuk maju, tanpa harus takut rintangan yang ada didepan.

Setelah sekian lama berkutat rasa minder, takut gagal dalam berbagai hal (terutama yang menyangkut studi & pekerjaan), tidak berani mencoba sesuatu yang baru, kurang percaya diri dalam melakukan sesuatu, dan banyak hal lain yang membuat hidupku ga berkembang.
Akhirnya ada berbagai kebenaran yang membuatku untuk memutuskan melepaskan semua itu:
1. Apapun yang kita lakukan, baik studi, pekerjaan, dsb adalah untuk melayani Tuhan
2. Ketika kita melakukan sesuatu dengan segenap hati, maka hasilnya akan memuaskan
3. Orang sukses belum tentu maksimal, tapi orang maksimal pasti sukses (maksimalkan potensi dalam hidupmu)
4. Berilah maka kamu akan mendapat
5. Orientasi dalam melakukan sesuatu adalah bukan untuk uang melainkan memaksimalkan potensi yang ada, setelah itu uang akan datang dengan sendirinya.
6. Cara belajar yang baik adalah, tetapkan suatu goal (misalnya: buat suatu project, ketika kita terobsesi untuk membuat project tersebut, pasti kita akan mulai belajar semua hal yang berkaitan dengan project tersebut)
KITA AKAN BUAT PROJECT INI, BUKAN KITA AKAN BELAJAR INI INI dan INI
7. Berkumpulah dengan orang-orang yang positif, maka kita akan menjadi positif, jangan berkumpul dengan orang-orang hopeless.
LINGKUNGAN DIMANA KITA BERADA MENENTUKAN BAGAIMANA JADINYA KITA
8. Milikilah visi yang besar, tidak ada visi yang tak dapat dicapai, kalau kita mau berusaha
9. Jalani dulu, semua kesulitan pasti bisa diatasi (istilah kerennya : Gaya dulu urusan lain belakangan)
10.Ikuti teladan Daud, orang muda yang tidak dianggap dimasanya, tapi Tuhan pakai luar biasa.
11.Jangan memandang kebelakang, kekiri, atau kekanan,tapi pandanglah keatas

Mungkin ada banyak hal lain yang lupa saya tuliskan, tapi aku pikir 10 hal tersebut sudah hampir mencakup semuanya.
Mari sama-sama berjuang bersama

Rar vs Zip

Setelah melakukan aktivitas pagi saat ini saya berencana untuk mengkompresi ratusan ebook yang saya punya (demi menghemat kapasitas hardisk yang sudah semakin penuh), yang formatnya ada 2 jenis : pdf dan chm.

Saya teringat dulu pernah mendapat file kompresi video (*.avi) dari internet dalam format *.rar dengan ukuran 1,891 Kb, padahal ukuran aslinya ketika diekstrak adalah 111.939 Kb (Winrar 3.41), lalu saya mencoba untuk mengkompresi ukuran aslinya dengan menggunakan Winzip 9.0 ukuran filenya menjadi 16.887 Kb masih kalah jauh dibandingkan kompresi winrar.

Yang ingin saya lakukan sekarang adalah aplikasi kompresi apa yang lebih efisien untuk mengkompresi file pdf dan chm.
Saat ini saya akan melakukan kompresi 17 file pada masing2x format file dengan menggunakan ke-2 aplikasi tersebut (Winrar dan winzip)

Demikianlah hasilnya:
Format File Ukuran asli Winzip Winrar
chm 2,961 KB 2,944 KB 2,951 KB
chm 1,569 KB 1,556 KB 1,559 KB
chm 2,938 KB 2,919 KB 2,925 KB
chm 13,131 KB 13,106 KB 13,132 KB
chm 6,382 KB 6,366 KB 6,381 KB
chm 1,440 KB 1,426 KB 1,430 KB
chm 2,501 KB 2,484 KB 2,490 KB
chm 3,627 KB 3,613 KB 3,622 KB
*.zip < *.rar

pdf 6,157 KB 5,490 KB 2,522 KB
pdf 5,713 KB 3,424 KB 3,272 KB
pdf 8,164 KB 4,942 KB 4,835 KB
pdf 15,739 KB 15,283 KB 15,230 KB
pdf 13,734 KB 13,275 KB 13,325 KB
pdf 9,283 KB 8,743 KB 8,625 KB
pdf 3,976 KB 3,599 KB 3,560 KB
pdf 17,350 KB 16,968 KB 16,933 KB
pdf 9,894 KB 6,672 KB 6,476 KB
*.zip > *.rar

Dari hasil percobaan diatas saya mencoba menyimpulkan (tanpa tahu secara teknis bagaimana teknik kompresi yang ke-2 aplikasi itu gunakan) bahwa :
1. Untuk file *.chm kompresi akan lebih maksimal dengan menggunakan winzip
2. Untuk file *.pdf kompresi akan lebih maksimal dengan menggunakan winrar

NB: Untuk file *.avi lebih maksimal dengan menggunakan winrar

Akhirnya saya putuskan untuk mulai mengkompresi sesuai dengan kesimpulan diatas. (Tapi proses kompresi winrar lebih lama dibandingkan dengan winzip)

Selesai nulis : 08:35 WIB (Sesuai dengan jam dikomputer ^_^ )

Menulis Itu Penting

Sebelumnya aku pikir kegiatan ngeblog, hanya kegiatan iseng, ya kalo pengin nulis sesuatu ya nulis (walau kadang banyak ga mutunya), kalo ga pingin yah, ngapain harus nulis, menghabiskan waktu aja, emang ga kerjaan lain ya?

[The Story Begin…..]

Aku dilahirkan dari lingkungan keluarga yang kurang begitu demokratis, jadi budaya untuk mengemukakan pendapat ke orang lain, merumuskan pemikiran pribadi, membuat suatu terobosan baru menjadi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, bagaimana bisa terjadi kalo nyali aja sudah menghilang begitu aja. Aku teringat ketika berada di tingkat sekolah dulu (mulai dari SD-SMU) kemampuan verbalku begitu kurang, untuk menulis saja malas, apalagi suruh mengarang. Suatu ketika aku teringat ketika mendapat tugas untuk membuat sebuah puisi yang kira-kira hanya 10 baris banyaknya saja butuh waktu yang lama, mungkin semua itu dampak dari lingkungan yang kurang mendukung. Seolah-olah tanpa disadari membentuk mental individualis, yang beranggapan bahwa tidaklah penting untuk terlalu perduli dengan orang lain (saat itu hati nurani sejujurnya masih peduli terhadap orang lain, namun karena diimbangi oleh mental yang salah tersebut, akhirnya membentuk pribadi yang hanya ingin biasa-biasa aja, tidak ada keinginan untuk terlalu mengenal maupun dikenal)

Seiring berjalannya waktu, dan memang sudah waktunya untuk menjalani kehidupan diluar rumah karena kewajiban studi / kuliah, aku menyadari bahwa berbagi hidup dengan orang lain itu penting. Menurutku untuk mulai berbagi hidup dengan orang lain, kita harus berbagi dengan diri kita sendiri. Bagaimana caranya, mulailah untuk menulis apa yang ada dalam benakmu, walaupun hal itu cuma terlintas sebentar ataupun sudah menjadi angan-angan sejak lama, maka tanpa disadari kita akan mulai menemui orang-orang yang mendukung setiap pemikiran ataupun pendapat kita. Hari ini aku mulai menulis karena aku sering kali membaca artikel-artikel orang lain. Walaupun hanya melalui tulisan bahkan mungkin tidak mengenal satu sama lain, namun seolah-olah ada hidup dan semangat yang dibagikan.

Dari situlah aku menyimpulkan untuk diriku sendiri bahwa sebenarnya menulis itu penting, tulisan bisa mengubah hidup. Mulailah menulis untuk mengembangkan diri sendiri maupun orang lain